Membedakan Besaran dengan Satuan

Besaran merupakan gambaran secara kuantitatif (ukuran) dari benda, proses atau suatu keadaan, contohnya : massa, panjang, tekanan, tegangan, kecepatan, dan sebagainya.  Besaran dibagi menjadi dua bagian yaitu : pertama Besaran vektor, dan kedua Besaran skalar 

Satuan merupakan prosedur mengungkapkan suatu ukuran dengan menggunakan bilangan, dimana Ada tiga macam sistem satuan yaitu sebagai berikut:
a. British Gravitational System (BGS) 
b. Metric System (MKSA)
c. Systeme International D’ Unites (SI)

Sistim Satuan International (SI) adalah suatu sistim yang telah diolah dan dikembangkan oleh komisi teknik dan ISO (International Organization for standardization). Standar satuan ini tercantum dalam International Standard ISO R31. Ada tiga macam kategori satuan yaitu : 
a. satuan dasar
b. satuan tambahan
c. satuan turunan

Berikut ini adalah prosedur untuk membedakan antara Besaran dengan Satuan.
Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur, dihitung, memiliki nilai dan satuan. Besaran menyatakan sifat dari benda. Sifat ini dinyatakan dalam angka melalui hasil pengukuran. Oleh karena satu besaran berbeda dengan besaran lainnya, maka ditetapkan satuan untuk tiap besaran. Satuan juga menunjukkan bahwa setiap besaran diukur dengan cara berbeda. Mengukur sebenarnya adalah kegiatan membandingkan suatu Besaran dengan Besaran sejenis yang ditetapkan sebagai satuan. 

Contoh: 
Gaya tekan sebesar 10 N
F = 10 N
Maka N melambangkan satuan yang dipilih untuk besaran F dan 10 melambangkan nilai bilangan dari besaran F bila dinyatakan dalam satuan N.

Besaran fisis dapat dijumlahkan atau dikurangkan apabila termasuk dalam satu kategori. Besaran fisis dapat juga dikulaikan atau dibagi satu sama lainnya menurut aturan ilmu hitung.
Besaran
Dalam bidang mekanika pada umumnya terdapat tiga besaran dasar, yaitu panjang, massa, dan waktu. Akan tetapi pemilihan yang lain juga mungkin. Misalnya, panjang, waktu, dan gaya atau panjang, waktu, dan energi.