Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018


Seperti yang kita ketahui bersama bahwa Materi, Kompetensi, dan pembelajaran yang terdapat pada mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dikembangkan melalui pertimbangan untuk kepentingan hidup bersama secara damai dan harmonis (to live together in peace and harmony). 

Pembelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti dilakukan berbasis aktivitas pada kegiatan intrakurikuler, kokurikuler, dan ekstrakurikuler. dimana penumbuhan dan pengembangan sikap dilaksanakan disepanjang proses pembelajaran, pembiasaan, keteladanan, dan pembudayaan dimana ini bertujuan untuk mengembangkan karakter siswa lebih lanjut. Dimana Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti berlandaskan pada aqidah Islam yang berisi tentang keesaan Allah Swt.

dan mungkin semua teman guru sudah tahu bahwa Silabus adalah suatu acuan untuk guru dalam melaksanakan pembelajaran tentunya ini bertujuan agar peserta didik bisa meningkatkan keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa dalam kehidupan sehari-hari. Dimana dalam upaya peningkatan keimananan dan ketakwaan tersebut , harus dilakukan dengan memperhatikan nilai-nilai Islam rahmatan lilalamin yang mengedepankan prinsip-prinsip Islam yang humanis, toleran, demokratis, dan multikultural. Dimana Silabus untuk mata pelajaran Pendidikan Agama dan Budi Pekerti memiliki sifat fleksibel, kontekstual, dan ini tentunya dapat memberikan kesempatan kepada anda sebagai seorang guru untuk dapat mengembangkan dan melaksanakan pembelajaran, serta mengakomodasi keunggulan-keunggulan lokal. Dan atas dasar prinsip tersebut, komponen silabus Pendidikan Agama dan Budi Pekerti mencakup diantaranya adalah kompetensi dasar, materi pembelajaran, dan kegiatan pembelajaran, dimana uraian pembelajaran yang ada didalam silabus merupakan alternatif kegiatan yang dirancang yang berbasis aktivitas.

Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dikembangkan dengan tujuan untuk meningkatkan kemampuan peserta didik didalam hal keimanan dan ketakwaan kepada Tuhan Yang Maha Esa didalam kehidupan sehari-hari, dimana tujuan pendidikan ini selanjutnya dirumuskan secara khusus dalam Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti diantara sebagai berikut:

  1. Menumbuhkembangkan aqidah melalui pemberian, pembinaan, dan pengembangan pengetahuan, penghayatan, pengamalan, pembiasaan, serta pengalaman siswa tentang Agama Islam sehingga menjadi muslim yang terus berkembang keimanan dan ketakwaannya kepada Allah Swt; dan
  2. Menjadikan manusia yang taat dalam beragama dan memiliki akhlak yang mulia 
Dalam melaksanakan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti harus dilaksanakan dengan menggunakan pendekatan saintifik yaitu diantaranya mengamati, menanya, mengumpulkan informasi, mengasosiasi, dan mengomunikasikan).

Download Silabus Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas 7, 8 & 9 SMP/MTs Kurikulum 2013 Tahun Ajaran 2017/2018