Pemetaan Kompetensi Dasar Tematik Kelas 1 SD/MI Tahun 2018

Perencanaan pembelajaran merupakan keterampilan yang harus dimiliki oleh setiap guru. Perencanaan ini diperlukan untuk memudahkan para guru dalam melaksanakan pembelajaran, sekaligus melakukan penilaian. 

Salah satu kemampuan pendukung yang diperlukan untuk merencanakan pembelajaran adalah keterampilan dalam merancang program tahunan, program semester, dan pemetaan kompetensi dasar. Penyusunan program tahunan dan Program Semester, terdapat beragam alternatif format. Guru diberikan kebebasan dalam menentukan format yang digunakan. Di dalam modul ini, guru hanya diberikan contoh/ model pembuatan program-program tersebut. 

Format penyusunan program tahunan dan semester pada modul ini, tidak mengalami perubahan jika dibandingkan penyusunan pada modul sebelumnya. Hanya ada tambahan contoh program tahunan dan program semester untuk mata pelajaran yang terpisah dari tematik. 

Pemetaan kompetensi dasar digunakan sebagai dasar perancangan kegiatan penilaian baik yang bersifat harian, tengah semester, maupun akhir semester.  Format Pemetaan Kompetensi Dasar pada modul ini, tidak mengalami perubahan jika dibandingkan penyusunan pada modul sebelumnya. Di bawah ini adalah contoh-contoh pemetaan kompetensi dasar.  (Sumber : Modul Bimbingan Teknis Instruktur Kurikulum 2013 Di Sekolah Dasar Tahun 2018

Contoh Format Pemetaan Kompetensi Dasar dari KI-3 dalam satu semester 

Kelas I
Pemetaan Kompetensi Dasar Tematik Kelas 1
Berikut kami sajikan contoh Pemetaan Kompetensi Dasar Tematik Kelas 1 SD/MI Tahun 2018 klik disini