KISI KISI SOAL & KARTU SOAL HOTS BAHASA INGGRIS KELAS 11

Berdasarkan Permendikbud No. 23 Tahun 2016 Penilaian adalah merupakan proses pengumpulan dan pengolahan informasi untuk mengukur pencapaian hasil belajar peserta didik dimana pengumpulan informasi pencapaian hasil belajar peserta didik membutuhkan teknik dan instrumen penilaian, serta prosedur analisis sesuai dengan karakteristik penilaian masing-masing.

Penilaian bukan sekadar untuk mengetahui pencapaian hasil belajar peserta didik. Penilaian dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam proses belajar.

Penilaian seharusnya dilaksanakan melalui tiga pendekatan, yaitu assessment of learning (penilaian akhir pembelajaran), assessment for learning (penilaian untuk pembelajaran), dan assessment as learning (penilaian sebagai pembelajaran).

Kurikulum 2013 merupakan kurikulum berbasis kompetensi. Penilaian hasil belajar peserta didik pada kurikulum 2013 meliputi aspek sikap, pengetahuan, dan keterampilan. Hal yang perlu dipersiapkan oleh guru sebelum penilaian dilakukan adalah menetapkan Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) dan menyiapkan instrumen penilaian. KKM akan dijadikan dasar untuk menetapkan kegiatan remedial atau pengayaan yang akan dilaksanakan oleh peserta didik. 

Perencanaan penilaian harus dilaksanakan secara sistematis agar tujuan dapat tercapai. Perancangan strategi penilaian dilakukan pada saat penyusunan rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan silabus. 

Berikut ini adalah langkahlangkah penting dalam perencanaan penilaian. 
1) Menetapkan tujuan penilaian 
2) Menentukan Bentuk Penilaian 
3) Memilih Teknik Penilaian 
4) Menyusun Kisi-Kisi 
5) Menyusun soal 
6) Menyusun pedoman penskoran. 

Pelaksanaan penilaian merupakan implementasi atas perencanaan dan penyusunan instrumen penilaian. Waktu dan frekuensi pelaksanaan penilaian dilakukan berdasarkan pemetaan dan perencanaan yang dilakukan oleh pendidik sebagaimana yang tercantum dalam program semester dan program tahunan. Berdasarkan bentuknya, pelaksanaan penilaian terdiri dari pelaksanaan penilaian harian (PH), penilaian tengah semester (PTS), dan penilaian akhir semester (PAS). 

Penilaian harian (PH) dilaksanakan setelah serangkaian kegiatan pembelajaran berlangsung dalam menyelesaikan satu KD atau satu tema untuk jenjang SD. Penilaian tengah semester (PTS) merupakan kegiatan penilaian yang dilakukan untuk mengukur pencapaian KD mata pelajaran setelah kegiatan pembelajaran berlangsung 8-9 minggu.  Cakupan PTS meliputi seluruh KD pada periode tersebut atau seluruh KD dari dua atau tiga tema. 

Soal-soal HOTS sangat direkomendasikan untuk digunakan pada berbagai bentuk penilaian kelas dan Ujian Sekolah. Untuk menginspirasi guru menyusun soal-soal HOTS di tingkat satuan pendidikan,

Di bawah ini dideskripsikan beberapa karakteristik instrumen penilaian berpikir tingkat tinggi (HOTS): 
1. Mengukur kemampuan berpikir tingkat tinggi 
2. Bersifat Divergen 
3. Menggunakan Multirepresentasi 
4. Berbasis permasalahan kontekstual 
5. Menggunakan bentuk soal beragam 

Langkah-langkah penyusunan soal HOTS: 
1. Menganalisis KD 
2. Menyusun kisi-kisi soal 
3. Memilih stimulus yang tepat dan kontekstual 
4. Menulis butir pertanyaan sesuai dengan kisi-kisi soal 
5. Membuat pedoman penskoran (rubrik) atau kunci jawaban 

Berikut adalah contoh Pengembangan Soal Hot Pada Jenjang SMA
KISI - KISI SOAL BAHASA INGGRIS KELAS 11 KURIKULUM 2013


KARTU SOAL BAHASA INGGRIS KELAS 11