Contoh Soal, Kunci Jawaban + Pembahasan IPS Kelas 9 Kurikulum 2013 Terbaru

Mata Pelajaran : IPS
Kelas : XI 
Semester : Ganjil
Jumlah Soal : 15
Kurikulum : 2013
Bentuk Soal : Pilihan Ganda 

Berilah tanda silang (x) huruf A,B,C, D atau E pada jawaban yang paling benar
1. Benua terluas di permukaan bumi adalah....
A. Benua Afrika
B. Benua Amerika
C. Benua Asia
D. Benua Eropa
E. Benua Australia
Pembahasan 
Benua Asia merupakan benua terluas di permukaan bumi. Luasnya  atau seperempat luas wilayah daratan dunia atau empat setengah kali luas Benua Eropa. Wilayahnya membentang dari Turki di bagian barat sampai Rusia di bagian timur. Benua Asia juga meliputi Indonesia di selatan sampai Rusia di utara mendekati kutub utara. Dibandingkan dengan luas mencapai 44.000.000 km2  
Kunci jawaban C

2. Benua Asia terletak pada
A. 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU.
B. 25º BT – 190º BT dan 21º LS – 90º LU.
C. 25º BT – 90º BT dan 21º LS – 90º LU.
D. 25º BT – 120º BT dan 21º LS – 80º LU.
E. 25º BT – 150º BT dan 12º LS – 80º LU.
Pembahasan
Benua Asia terletak pada 26º BT – 170º BT dan 11º LS – 80º LU. Hampir seluruh wilayahnya berada di belahan bumi utara (BBU). Hanya sebagian kecil  pulau  yang berada di belahan bumi selatan, termasuk Indonesia. Batas Benua Asia ialah Samudra Arktik di utara, Samudra Hindia di selatan, Benua Eropa, Pegunungan Ural, Laut Kaspia, Laut Hitam, Selat Bosporus, Selat Dardanella, Laut Tengah, Terusan Suez, dan Laut Merah di barat, serta dengan Selat  Bering dan Samudra Pasifik di timur.
Kunci Jawaban A

3. Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika?
A. Iklim dan cuaca
B. Agama
C. Pendidikan
D. Kondisi sosial budaya, dan kondisi ekonomi 
E. Flora dan fauna
Pembahasan
Apa yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainnya di Benua Amerika , Hal yang membedakan adalah : kondisi sosial budaya, dan kondisi ekonomi .
a. Kondisi Sosial dan Budaya
Penduduk asli Benua Amerika adalah suku Indian, mayorita agama di negara-negara Benua Afrika adalah agama Kristen. Kegiatan ekonomi di negara-negara Benua Afrika bermacam-macam, seperti : sektor pertanian dan industri hal tersebut membedakan wilayah satu dengan yang lainnya.
b. Keadaan Ekonomi
Keadaan ekonomi menjadi hal yang membedakan satu wilayah dengan wilayah lainya, di Benua Amerika terdapat negara maju dan negara berkembang.
Kunci Jawaban D

4. Apa nama sebutan atau julukan dari Benua Eropa 
A. Benua Merah.
B. Benua hijau
C. Benua Hitam
D. Benua Biru
E. Segitiga Bermuda!
Pembahasan
Benua Eropa dijuluki sebagai benua biru. Ada dua alasan kenapa disebut benua biru. Pertama, mayoritas penduduk eropa memiliki bola mata berwarna biru. Kedua, Sejak zaman dahulu, banyak kerajaan terkenal berada di benua Eropa sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).
Benua Eropa secara fisik sebenarnya menjadi satu daratan dengan Asia. Keduanya hanya dipisahkan oleh sebuah pegunungan yaitu Pegunungan Ural. Namun, umumnya Eropa dan Asia masing-masing dianggap sebagai benua.  Alasannya, kedua benua tersebut memiliki budaya yang berbeda.
Kunci Jawaban D

5. Eropa  terbagi  atas  empat  kawasan  atau  region  yakni  kawasan  Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara.  Apa yang mendasari pembagian wilayah tersebut? 
A. letak geografis
B. Faktor cuaca
C. Benua Eropa banyak kerajaan terkenal sehingga dikenal adanya istilah darah biru (bangsawan).
D. Memiliki empat musim  
E. Perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya
Pembahasan
Eropa  terbagi  atas  empat  kawasan  atau  region  yakni  kawasan  Eropa Barat, Eropa Timur, Eropa Selatan, dan Eropa Utara.  Apa yang mendasari pembagian wilayah tersebut? Pembagian wilayah atau region tersebut lebih pada perbedaan kondisi geografis yang mencakup aspek fisik dan budaya. Pada saat ini pewilayahan semacam ini sudah mulai pudar dengan adanya ikatan secara ekonomi dan politik melalui lembaga Uni Eropa ( European Union).
Kunci Jawaban E

6. Benua Eropa mempunyai negara paling kecil di dunia yaitu 
A. San Marino
B. Liechtenstein
C. Andorra
D. Siprus
E. Vatikan. 
Pembahasan
Vatikan merupakan suatu negara berdaulat dengan Sri Paus sebagai pemimpinnya. Luas Vatikan hanya sebesar 0,44 km yang membuatnya menjadi negara terkecil di dunia.
Kunci Jawaban E

7. Benua Afrika terletak pada
A. 17º BB – 52º BT dan 35º LU – 34º LS.
B. 18º BB – 22º BT dan 35º LU – 34º LS.
B. 25º BT – 90º BT dan 21º LS – 90º LU.
C. 25º BT – 120º BT dan 21º LS – 80º LU.
D. 25º BT – 150º BT dan 12º LS – 80º LU.
E. 11º BB – 12º BT dan 35º LU – 34º LS.
Pembahasan
Benua Afrika terletak pada 17º BB – 52º BT dan 35º LU – 34º LS. Afrika dilewati garis khatulistiwa, sehingga sebagian wilayahnya beriklim tropis. Karena posisinya lintangnya, sebagian besar wilayah ini beriklim tropis kecuali bagian paling utara dan paling selatan. Di kedua wilayah tersebut, iklim mulai memasuki zona subtropis. Keadaan iklim tersebut disebabkan oleh wilayah yang sangat luas dan dipagari plato.
Kunci Jawaban A


8. Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, namun kemudian masing-masing  dianggap sebagai sebuah benua. Alasan Eropa dan Asia dianggap sebagai benua yang berbeda adalah.... 
A. Perbedaan bentuk muka bumi
B. Perbedaan iklim
C. Perbedaan budaya
D. Perbedaan flora dan fauna
E. Perbedaan iklim dan cuaca
Pembahasan
Benua Asia dan Eropa sebenarnya masih satu daratan, eropa merupakan semenanjung asia, namun karena bentuk dan kebudayaan eropa mempunyai ciri" tersendiri yang beda dengan asia, maka eropa dianggap benua tersendiri yang beda dengan asia
Kunci jawaban C

9. Jepang memiliki wilayah dataran yang kecil yaitu sekitar 30 persen dari luas wilayahnya. Sebagian besar atau 70-80 persen wilayahnya terdiri atas 
A. Lautan
B. Salju
C. Danau
D. Pegunungan
E. Sungai 
Pembahasan
Jepang memiliki wilayah dataran yang kecil yaitu sekitar 30 persen dari  luas wilayahnya. Sebagian besar atau 70-80 persen wilayahnya terdiri atas pegunungan. Wilayah dataran terletak di sepanjang pantai. Dataran terbesar dapat dijumpai di Dataran Kanto (wilayah Tokyo), Kinai Plain (Osaka-Kyoto), Nobi (Nagoya), Echigo (Honshu), Sendai (Honshu Timur Laut). Selain itu, ada pula dataran yang relatif kecil luasnya di Hokaido dan menjadi pusat aktivitas penduduk.
Kunci Jawaban D

10. Jepang memiliki  iklim sedang dengan empat musim  yaitu 
A. Musim semi, panas, gugur, dan dingin
B. Musim salju , musim hujan, musim gugur, dan dingin
C. Musim panas, musim kemarau, musim salju dan musim hujan,
D. Musim kemarau, Musim buah, musim salju dan  musim hujan,
E. Musim kemarau, Musim Panen,  musim salju dan  musim hujan,
Pembahasan
Jepang memiliki  iklim sedang dengan empat musim  yaitu musim semi, panas, gugur, dan dingin. Musim semi dimulai sekitar bulan Maret dan ditandai dengan munculnya kuncul bunga plum. Setelah bunga plum berakhir kemudian muncul kuncup bunga sakura.
Kunci jawaban A

11. Penduduk asli Amerika serikat adalah  
A. Ras Mongoloid (Berkulit kuning)
B. Bangsa Alpen 
C. Suku Indian
D. Aborigin
E. Mediteran
Pembahasan
Amerika Serikat merupakan Negara dengan jumlah penduduk terbesar ketiga di dunia setelah China dan India yaitu mencapai 321,2 juta jiwa (WPDS, 2015). Penduduk aslinya adalah suku Indian yang menurut beberapa ahli sejarah berasal dari Eurasia yang bermigrasi antara 65.000–25.000 tahun  yang lalu. Migrasi terakhir terjadi sekitar 12.000 tahun yang lalu. Jumlah penduduk Indian sebelum kedatangan bangsa Eropa diperkirakan berkisar  2–8  juta  jiwa
Kunci Jawaban C

12. Skotlandia merupakan salah satu negara bagian dari Inggris. Pada tanggal berapa dan tehun berapa Skotlandia melaksanakan referendum untuk memutuskan apakah tetap menjadi bagian dari Inggris atau menjadi negara sendiri.
A. 18 September  2011
B. 18 September  2012
C. 11 September  2013
D. 18 September  2014
E. 17 September  2014
Pembahasan
Skotlandia merupakan salah satu negara bagian dari Inggris. Pada tanggal 18 September  2014, Skotlandia pernah melaksanakan referendum untuk memutuskan apakah tetap menjadi bagian dari Inggris atau menjadi negara sendiri. Hasilnya menunjukkan sebagian besar penduduk Skotlandia masih ingin menjadi bagian dari Inggris
Kunci Jawaban D

13. Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan 2 spesies buaya. diantara  hewan  yang angat terkenal dan menjadi simbol atau ikon Australia adalah
A. Gajah
B. Rajawali
C. Elang
D. Kangguru
E. Buaya
Pembahasan
Australia memiliki lebih dari 378 spesies mamalia, 828 spesies burung, 300 spesies kadal, 140 spesies ular, dan 2 spesies buaya. Beberapa yang sangat terkenal dan menjadi simbol atau ikon Australia adalah kangguru, wallabi, koala, dan setan tasmania (tasmanian devil). Selain itu, Australia juga memiliki beberapa fauna asli seperti dingo, platypus, currawong, angsa hitam, kookaburra, dan lybird. Fauna lainnya adalah ular yang banyak ditemukan di Australia. Australia memiliki banyak ular berbisa. Bahkan, 21 dari 25 ular paling mematikan ada di Australia.
Kunci Jawaban D

14. Posisi Mesir menjadi sangat penting karena adanya sebuah terusan yaitu  Terusan Suez apa fungsi dari terusan Suez
A. Pusat perdagangan
B. Pusat kebudayaan
C. memperpendek jarak dari Amerika ke negara- negara Asia 
D. memperpendek jarak dari Amerika ke negara- negara eropa
E. memperpendek jarak dari Eropa ke negara- negara Asia dan Australia atau sebaliknya
Pembahasan
Posisi Mesir menjadi sangat penting karena adanya sebuah terusan yaitu  Terusan Suez. Terusan tersebut memperpendek jarak dari Eropa ke negara- negara Asia dan Australia atau sebaliknya. Sebelum adanya terusan tersebut, perjalanan laut dari Eropa ke negara-negara Asia dan Australia atau sebaliknya harus mengelilingi Afrika melewati pantai barat Afrika dan lautan di selatan Afrika. Jarak tersebut tentu sangat jauh dan memerlukan waktu yang lama.
Kunci Jawaban E

15. Beberapa negara di Asia yang memiliki penduduk pendatang (orang asing)   yang besar yang lebih dari 30% diantara nya adalah
A. Makao, Brunei dan Singapura 
B. Indonesia, Pilipina, Qatar dan Jepang
C. Korea Selatan, Jepang, Vietnam dan Laos
D. Laos, Kamboja, Irak dan Indonesia
E. Iran, Kamboja dan Vietnam
Pembahasan
Hanya beberapa negara di Asia yang memiliki penduduk pendatang (orang asing)   yang besar. Negara- negara tersebut adalah Hong Kong (39%), Makao (55%), Brunei (37%), Malaysia (8%), dan Singapura (39%).  Negara-negara  yang memiliki pertambahan penduduk usia tua atau lansia yang cepat seperti Jepang, China, dan Korea memiliki angka migrasi yang rendah. Negara pemasok migran ke negara-negara tersebut adalah Kamboja, Laos, Myanmar, Filipina, Timor Leste, Bangladesh, Pakistan, dan Srilanka.
Kunci Jawaban A

Soal No 16-30