DOWNLOAD BUKU KURIKULUM MERDEKA MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 SD

DOWNLOAD BUKU KURIKULUM MERDEKA MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 SD

Apa Itu Kurikulum Merdeka?

Berdasarkan BSNP atau Badan Standar Nasional Pendidikan, Pemahaman kurikulum merdeka belajar adalah suatu kurikulum pembelajaran yang mengacu pada pendekatan bakat dan minat. Di sini, para pelajar (baik siswa maupun mahasiswa) dapat memilah, pelajaran apa saja yang ingin dipelajari sebanding dengan bakat dan minatnya. Kurikulum atau program Merdeka Belajar ini diluncurkan oleh Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Mendikbud Ristek) Nadiem Makarim sebagai bentuk dari tindak evaluasi perbaikan Kurikulum 2013. lebih dahulu, kurikulum ini juga disebut sebagai Kurikulum Prototipe yang membentuk salah satu bagian dari upaya pemerintah untuk mencetak generasi penerus yang lebih kompeten dalam berbagai bidang.

Perbedaan dengan Kurikulum Sebelumnya

Tiba tahun ajaran 2022/2023, penerapan Kurikulum Merdeka ini tidak sekedar akan dikhususkan bagi satuan pendidikan tingkat SMA/sederajat saja. Akan tetap, kurikulum ini juga bisa mulai digunakan pada tingkat lainnya, seperti TK, SD, SMP, hingga Perguruan Tinggi (PT). Tentunya, penerapan kurikulum ini memiliki perbedaan pada masing-masing jenjang.

Apa Saja Keunggulan Kurikulum Merdeka

Kurikulum Merdeka lebih berpusat  pada materi yang esensial dan  pengajian kompetensi peserta didik pada fasenya. Proses pembelajaran diharapkan menjadi lebih mendalam, bermakna, tidak terburu-buru, dan menyenangka 
Bagi peserta didik khususnya jenjang SMA tidak ada program peminatan di SMA sehingga peserta didik memastikan, mata pelajaran sesuai minat, bakat, dan aspirasinya. Tenaga ajar  juga diharapkan mengajar sesuai tahap jangkauan dan perkembangan peserta didik. Sekolah pun memiliki kebijakan untuk mengembangkan dan mengelola kurikulum pembelajaran sesuai dengan karakteristik satuan pendidikan dan peserta didik.
Pembelajaran melalui kegiatan proyek  mempersembahkan kesempatan lebih luas kepada peserta didik untuk secara aktif mengeksplorasi isu-isu aktual misalnya kabar angin lingkungan, kesehatan, dan lainnya untuk mendukung pengembangan karakter dan kompetensi Profil Pelajar Pancasila. Nah, setelah mengetahui kelebihan dari Kurikulum Merdeka, satuan pendidikan dapat memutuskan kurikulum apa yang akan digunakan. Bila satuan pendidikan memutuskan untuk mencoba menerapkan Kurikulum Merdeka, pihak sekolah dapat mengisi formulir pendaftaran dan sebuah survei singkat.

Kali ini kami akan membagikan Buku Kurikulum Merdeka Untuk Mapel Matematika Kelas 1 SD
Silahkan klik di bawah ini

Baca Juga

- Download Buku Siswa  MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 SD - DISINI

- Download Buku Guru MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 SD - DISINI

Itulah beberapa penjelasan singkat mengenai DOWNLOAD BUKU KURIKULUM MERDEKA MAPEL MATEMATIKA KELAS 1 SD Semoga ulasan ini bermanfaat bagi kita semua